Senin, 16 November 2009

4 pelukan sehari buat Pasangan

Ketika suami ingin berangkat kerja, sepulang kantor, sebelum tidur dan ketika bangun tidur, sempatkan untuk memeluknya. Mengapa?

Psikolog Dr. Ludwig F.Lowenstein mengatakan, menyatunya debaran jantung antara pria dan wanita dapat membangkitkan ‘hormon cinta’, sehingga membuat pasangan yang sering berpelukan selalu memiliki mood baik.

Jajak pendapat yang dilakukan pada 4000 pasangan, mendapatkan kesimpulan bahwa pasangan yang mengaku merasa bahagia dengan perkawinannya, setidaknya menghabiskan 22 aktivitas yang dilakoni berdua, tanpa anak-anak selama sebulan. Entah itu, makan malam romatis, atau nonton bioskop.

Para peneliti bertanya pada pasangan yang menggambarkan pernikahan ‘bahagia’ atau ‘sangat bahagia’ untuk menghitung seberapa sering mereka menghabiskan waktu berdua sebagai usaha menjaga keutuhan pernikahan.

Analisis dari respon mereka menyarankan pasangan yang menginginkan kebahagiaan seharusnya menghabiskan waktu tujuh malam berdua setiap bulan dengan dua kali makan malam romantis.

Kesimpulan yang didapat dari jajak pendapat ini, bahwa para suami sebaiknya memberikan istri-istri mereka bunga atau bingkisan lainnya setidaknya sebulan sekali. Tapi, elemen lain yang tak kalah penting, istri atau suami juga dianjurkan menghabiskan waktu sendiri alias ‘me time’ tanpa pasangan sekali sebulan. Hal ini untuk memberikan ruang gerak pria atau wanita untuk mendapatkan udara segar di luar urusan rumah.

Sayangnya, akibat sama-sama sibuk, banyak pasangan yang cenderung menyepelekan kebutuhan ini. Tak bisa dipungkiri, sehari rasanya waktu sudah tidak cukup untuk membagi antara karier dan keluarga. Apalagi mencari waktu berdua dengan pasangan. Masalahnya, jika kemesraan Anda dan pasangan tidak dipupuk, lama-kelamaan akan layu.

Karena itu, menurut Ludwig, padatnya kesibukan pasangan masa kini, membuat kegiatan romantis berdua agak sulit dijalani. “Tak perlu susah-susah menyamakan jadwal untuk bisa pergi berdua. Bila Anda meluangkan diri memeluk pasangan setiap ada kesempatan, efeknya pada perkawinan Anda juga cukup dahsyat,”ujarnya.

Tak perlu dipatok kapan Anda memeluk pasangan. Yang penting, jika ada kesempatan jangan dilewatkan. Jadi, sudahkah Anda memeluk pasangan hari ini?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar